CARA JADI PENULIS

Pengalaman manusia yang diterjemahkan dalam suatu sastra yang penuh dengan seni adalah seni menulis. Menulis merupakan kemampuan yang diikuti teknik sastra tertentu dan mempertahankan standar yang ada. Sebagian besar bidang penulisan kreatif (mulai dari akademis dan penerbitan sampai dengan pencapaian dan teknik menulis), memerlukan gelar yang lebih tinggi, setidaknya gelar Bachelor atau sederajat. 
 Foto : Wikihow
Bagian 1. TERINSPIRASI
1. Kenali apa yang ingin Anda tulis. 

Bidang penulisan kreatif yang luas dibagi dalam beberapa sub kategori (Fiksi, Puisi, Non-Fiksi kreatif) dan bahkan ada juga genre khusus (fiksi ilmiah, misteri, pengalaman .... dan masih banyak lagi). 
Kenali apa yang ingin Anda tulis. Tulis apa yang ingin Anda baca. Tulisan terbaik Anda akan muncul dari apa yang Anda dan mungkin hanya Anda sukai. Saat menulis dengan hasrat, pembaca Anda akhirnya akan tertaris. Hasrat Anda yang ada di proyek menulis individu adalah alat ampuh yang akan berfungsi dengan baik sebagai titik awal. Ingatlah, kalau Anda tidak harus membatas pada satu bidang saja. Banyak penulis yang telah mapan menyebar dan menjelajah - mungkin mereka menulis essay kreatif sambil menerbitkan tulisan non fiksi kreatif mereka. Mungkin novel pendek mereka terdaat puisi didalamnya. 

2. Aturlah rutinitas Anda sendiri. 

Tentukan waktu tertentu dalam sehari, lokasi, dan suasana untuk sesi menulis Anda. Begitu Anda menetapkan rutinitas ini, maka sisi kreatif dari otak Anda akan menjadi terbiasa bekerja dalam kondisi yang sudah terbiasa ini. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah : 
a. Kebisingan
Beberapa penulis menikmati suasana yang benar-benar hening. Tetapi ada juga beberapa penulis yang harus mendengarkan musik untuk memicu ide kreatif mereka. Ada juga yang suka ditemani beberapa orang teman untuk memantapkan idenya. 
b. Waktu
Beberapa penulis mencatat ide mereka menjelang tidur. Jam kerja di pagi hari merupakan jam kerja yang ideal bagi beberapa penulis sebab hanya sedikit yang terbangun untuk mengganggu mereka. Penulis lain terkadang menikmati berada di tengah suasana yang sibuk, oleh karena itu dia menulis antara waktu coffe break atau bekerja di sesi yang lain. Penulis lain suka dengan waktu menulis jangka panjang yang tidak diganggu, dan mendedikasikan akhir minggu mereka untuk menulis.
c. Lokasi
Menentukan gedung tertentu, ruangan, atau bahkan kursi tertentu dapat membantu proses menulis. Kebiasaan ini akan melatih otak Anda untuk bekerja secara kreatif atau secara teknik, untuk mencapai tujuan Anda. 

3. Baca dan Pelajarilah. 
Membaca ulang hal-hal yang Anda sukai dan pelajari mereka - cari tahu apa yang membuatnya lebih efektif, apa yang membuatnya berhasil. Usahakan untuk mengerti struktur puisi favorit Anda, atau evolusi karakter di dalam novel favoritmu. Cari sebuah kata yang Anda rasa hebat dan pikirkan - Kenapa si Pengarang memilijh ungkapan itu? Kata-Kata itu?

Jangan batasi diri Anda pada satu bidang atau genre saja. Untuk benar-benar memperkaya pengalaman menulis, Anda harus berani menjelajah. Anda mingkin tidak suka dengan fantasi, tetapi banyak orang yang membacanya dan menulis fantasi untuk sebuah alasan. Baca dengan semboyan ini "Saya membaca untuk menulis. Saya membaca untuk belajar. dan Saya membaca untuk terinspirasi"

4. Jadilah Seorang Penjelajah
Catatlah. Perhatikan hal-hal disekitar Anda. Carilah misteri dan coba selesaikan! Jika ada pertanyaan, carilah jawabannya dengan hasrat yang obsessif. Catatlah secara khusus sesuatu yang unik dan tidak biasa. Saat menulis, memperhatikan hal-hal disekitar akan memberikan materi untuk ditulis. Selain itu dapat membuat tulisan Anda lebih menarik, lebih kaya dan lebih realistis. Beberapa petunjuk yang dapat membantu menjelajah dunia karakter Anda:
a. Tidak ada yang biasa atau membosankan. Ada sesuatu yang aneh atau spesial tentang semua orang dan segalanya. 
b. Ada misteri di depan Anda : TV yang tidak menyala, seekor burung yang tidak akan terbang. Cari tahu bagaimana segala sesuatu bekerja, tidak bekerja, dan mengapa. 
c. Perhatikan detailnya. Daunnya tidak hanya hijau: mereka memiliki pembuluh darah yang panjang dan tipis, batang yang kaku dan berbentuk seperti sekop. 

5. Simpan Jurnal.
Tuliskan hal-hal yang Anda perhatikan atau yang menginspirasi Anda. Bawa kemanapun kamu pergi. Gunakan jurnal ini untuk menghasilkan gagasan, perhatikan hal-hal yang Anda lihat, dengan, atau baca, dan perbanyaklah materi tulisan Anda. Bila Anda terjebak dalam proyek Anda, Anda dapat melihatnya kembali untuk mendaatkan inspirasi. Pahami bahwa segala sesuatu bisa masuk di buku catatan Anda, karena semuanya adalah sumber inspirasi. Beberapa hal yang berguna adalah:
a. Mimpi, sumber utama yang aneh dan tidak biasa. Tulislah sebelum hilang!
b. Foto, ambil gambar 
c. Kutipan, hal yang orang katakan, kalimat yang mengejutkan Anda, puisi pendek, bagian dalam kue keberuntungan. 

6. Mulai proyek Anda
Ini adalah bagian yang paling penting, dan bisa jadi sangat sulit. Banyak dari kita menatap kosong ke layar komputer, tanpa kata-kata yang ditulis. Beberapa orang menyebutnya "writers block" Untuk membantu, inilah beberapa latihan menulis dasar yang dapat membantu memeras jus kreatif Anda dan menyediakan materi untuk roeyk Anda:
a. Pergi ke tempat yang sibuk, lebih baik temat dengan banyak orang. Bayangkan bahwa visi Anda tentang Adegan adalah kamrea video, merekam semuanya. Keluarkan buku catatan Anda dan catat apa yang sebenarnya terjadi. Sertakan semua indera penglihatan, penciuman, pendengaran, rasa dan sentuhan. 
b. Mengambil perekam suara, dan memata-matai percakapan. Jangan biarkan pembicaranya tahu! Setelah Anda mencatat jumlah waktu yang cukup, transkrip percakapan di atas kertas. Bermainlah dengan kata-kata seperti menghapus sesuatu, mengubah sesuatu, menambahkan sesuatu. Buat setting baru, atau situasi baru. 
c. Buat Karakter. Apa yang mereka inginkan? Takut? Apa rahasia mereka. Dengan siapa mereka berhubungan, dan di mana mereka tinggal? Siapa nama belakang mereka .... Jika mereka memilikinya?

7. Berkomitmen untuk menyelesaikan proyek Anda. 
Ada jutaan setengah cerita pendek. Menetapkan tujuan dan berpegang teguh padanya, betapapun tidak menyenangkannya pekerjaan itu, sangat penting untuk mencari tahu apa yang ingin Anda tulis. Pada saat Anda menyelesaikan apa pun yang Anda mulai menulis pertama kali, Anda memiliki tiga hal :
a. ide bagus yang ingin Anda tuliskan
b. beberapa keterampilan untuk menulis tentang hal itu
c. kegigihan untuk menyelesaikan pekerjaan

8. Jadilah bagian dari sebuah komunitas. 
Berbagai gagasan dan mendapatkan umpan balik adalah salah satu cara terbaik untuk mendapat inspirasi dan mengembangkan karya Anda. Hal ini biasanya menakutkan bagi para penulis pemula, karena karya Anda bisa jadi sesuatu yang sangat pribadi, dan Anda mungkin takut ditolak. Namun, menulis dalam isolasi berarti bahwa tidak hanya tidak ada yang membaca karya Anda, tetapi Anda juga dapat menjalankan risiko peracikan kebiasaan buruk (terlalu bertele-tele, berlebihan, atau melodramatis dll). Sebagai ganti rasa takut, pikirkan bahwa setiap orang yang Anda bagikan dengan pekerjaan Anda adalah orang otensial untuk memberi Anda  gagasan baru dan menginspirasi Anda. 

9. Mengatasi masalah keuangan. 
Menjadi penulis hampir seperti menjadi superhero: menjadi pekerjaan kantor yang canggung di siang hari ... penulis penunggang naga, ksatria baju besi di malam hari. Beberapa penulis kreatif tidak memiliki pekerjaan sehari-hari - tapi ini sangat jarang. Namun, memiliki pekerjaan sehari-hari bukanlah hal yang buruk. Sebenarnya, pekerjaan harian yang baik bahkan bisa membantu tujuan Anda menjadi penulis. Saat menemukan pekerjaan impian Anda, inilah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :
a. Apakah bisa membayar tagihan? Pekerjaan harian yang baik harus dapat meringankan beban keuangan Anda sehingga Anda bisa menulis tanpa khawatir. Stress tidak kondusif bagi proyek Anda. 
b. Apakah Anda cukup meberi cuku waktu dan energi untuk menulis? Pekerjaan harian yang baik harus cukup mudah pada tingkat energi Anda sehingga Anda tidak lelah setelahnya. 
c. Apakah itu memberi "gangguan" yang baik? Memiliki ruang yang jauh dari pekerjaan menulis Anda bisa sangat membantu. menghabiskan terlalu banyak waktu untuk satu proyek bisa terlalu mendalam. ada baiknya untuk mengambil langkah mundur.
d. Apakah ada orang kreatif lainnya? Pekerjaan hari yang baik harus memberi Anda rekan kerja yang mengagumkan. Orang kreatif ada di mana-mana! Mereka bukan hanya penulis atau seniman. 

Berlanjut .....

Diadaptasi dari WIKIHOW : HOW TO BECOME A WRITER






Comments

Popular posts from this blog

Terjemahan Q